Cara Hammock Camping [ Update Tips ]

Cara Hammock Camping [ Update Tips ]

Tidak ada komentar

Selama bertahun-tahun, para pekemah dan backpacker memilih tenda sebagai tempat berteduh mereka. Namun, tempat tidur gantung yang sederhana adalah alternatif yang memikat — dan semakin populer. Jika Anda menikmati bersantai di tempat tidur gantung, mungkin inilah saatnya untuk mencoba berkemah. Dalam artikel ini, kami akan menjawab pertanyaan, “apa itu hammock camping,” dan membicarakan tentang apa yang Anda perlukan untuk berhasil menyiapkan hammock Anda untuk berkemah.

Cara Hammock Camping [ Update Tips ]



Apa itu Hammock Camping? 

Perkemahan tempat tidur gantung berarti Anda mengganti tenda khas Anda dengan tempat tidur gantung dan beberapa aksesori bermanfaat di mana Anda dapat dengan nyaman tidur di luar ruangan semalaman. Banyak backpacker dan bikebacker menikmati berkemah dengan tempat tidur gantung karena sangat ringan dan memakan sedikit ruang dalam satu paket. Berkemah tempat tidur gantung juga menikmati sudut pandang yang lebih tinggi dan terhindar dari ketidaknyamanan tidur di tanah yang miring atau berbatu. Hanya beberapa pohon yang kokoh yang Anda butuhkan.

Apa yang Anda Butuhkan untuk Hammock Camp

Anda dapat membuat pengaturan berkemah (atau backpacking) DIY dengan menambahkan komponen ke tempat tidur gantung Anda saat ini, atau dengan membeli sistem "tenda tempat tidur gantung" yang sudah dikemas  yang disertakan dengan sebagian besar item di bawah ini: 

  • Tempat tidur gantung,  jika Anda belum memilikinya
  • Sistem suspensi dengan tali lebar (ramah pohon) 
  • Underquilt atau alas tidur isolasi (dijual terpisah dari sistem tenda)
  • Sebuah terpal hujan
  • Beberapa jaring bug

Dimungkinkan untuk melupakan terpal hujan, jaring serangga dan / atau selimut, meskipun bagus untuk memilikinya jika kondisi mengharuskannya. Juga, meskipun aksesori ini (dan lainnya) sering bekerja dengan beberapa merek dan model tempat tidur gantung, Anda harus memeriksa ulang kompatibilitasnya jika Anda membuat pengaturan berkemah tempat tidur gantung Anda sendiri.

Berikut beberapa detail lebih lanjut:

Tempat tidur gantung Anda: Hampir semua tempat tidur gantung bisa menjadi pusat dari sistem berkemah Anda. Jika Anda membeli satu, pertimbangan utama adalah kenyamanannya, meskipun berat juga akan menjadi faktor jika Anda akan backpacking. Anda juga dapat menemukan desain inovatif di luar sling klasik. Cobalah berbaring di beberapa untuk perbandingan. Baca Cara Memilih Hammock  untuk detail tentang perbedaan ukuran dan bahan yang perlu dipertimbangkan.

Sistem suspensi:  Tali telanjang tidak boleh karena potensi kerusakan pada kulit pohon, jadi sistem suspensi yang baik (biasanya dijual terpisah dari tempat tidur gantung) dengan tali lebar sangat penting. Sistem tali juga membuat pengaturan menjadi mudah—tidak diperlukan simpul khusus. Perhatikan bahwa beberapa sistem tenda tempat tidur gantung termasuk tali tebal dengan lengan pelindung yang dirancang untuk melindungi kulit pohon.

Alas tidur: Apakah Anda berada di tenda atau tempat tidur gantung, bagian bawah kantong tidur Anda yang tinggi akan terkompresi dan kehilangan nilai insulasinya saat Anda berbaring di atasnya. Di tenda, solusinya adalah dengan menggunakan alas tidur yang digelembungkan atau busa. Anda juga dapat menggunakan bantalan di tempat tidur gantung, meskipun mungkin tidak menempel dengan rapi ke dalam bentuk tempat tidur gantung.

Salah satu pilihannya adalah mendapatkan selongsong aksesori untuk membantu menstabilkan bantalan Anda. Taktik lain adalah mengempiskan bantalan udara sedikit untuk membuatnya lebih sesuai dengan bentuk tempat tidur gantung Anda. Beberapa orang mengambil bantalan busa sel tertutup dan memotongnya agar pas, yang tidak mahal, efektif dan memberikan hambatan angin.

Underquilt: Karena tempat tidur gantung membungkus Anda, banyak bagian bawah Anda terkena dingin. Jadi solusi yang lebih baik (walaupun lebih mahal) daripada alas tidur adalah selimut. Karena menggantung di luar dan di bawah, insulasi underquilt tidak menekan dan dapat ditinggikan sepenuhnya untuk memberikan banyak kehangatan. Baca Apa itu Underquilt?  untuk lebih jelasnya.

Rain tarp (atau rainfly):  Biasanya dipasang di atas punggung bukit yang Anda ikat di antara pepohonan di atas tempat tidur gantung Anda, ini adalah tempat tidur gantung yang setara dengan lalat hujan untuk tenda. Jika Anda tidak membeli yang dirancang khusus untuk tempat tidur gantung, pastikan opsi yang Anda pilih akan memberi Anda titik lampiran yang cukup sehingga Anda dapat mengamankan terpal di tempat yang Anda inginkan.

Jaring serangga :  Banyak jaring yang dapat Anda beli untuk tempat tidur gantung akan muat di seluruh tempat tidur gantung Anda, sementara beberapa hanya muat di atasnya. Jika Anda hanya memiliki kelambu bagian atas, kantong tidur dan alas tidur Anda akan memberikan perlindungan terhadap serangga di bawahnya, tetapi Anda juga dapat mempertimbangkan untuk merawat bagian bawah tempat tidur gantung dengan insektisida yang aman untuk kain seperti permetrin .

Cara Memasang Tempat Tidur Gantung Untuk Berkemah 

Menjadi kemping tempat tidur gantung yang tepat berarti mengikuti beberapa panduan sederhana:

1. Pilih tempat yang tepat untuk memasang hammock Anda.  Itu berarti memeriksa dengan pengelola lahan untuk melihat apakah tempat tidur gantung diperbolehkan, dan apa pedomannya jika diizinkan. Ini juga berarti mengikuti prinsip kemah-kemah tanpa meninggalkan jejak , seperti mendirikan 200 kaki atau lebih dari sumber air dan selalu menggunakan tempat perkemahan yang sudah ada.  

2. Jadilah pengurus pohon yang baik.  Pilih pohon yang sehat dan kuat (berdiameter 6 inci atau lebih untuk sebagian besar pohon) dan gunakan tali dengan lebar setidaknya 0,75 inci (lebar 1,5 inci bahkan lebih baik, dan beberapa taman mewajibkan tali dengan lebar 2 inci). Titik jangkar lainnya, seperti elemen struktural kokoh pada kendaraan atau bangunan, juga memungkinkan. Pastikan pohon yang Anda pilih tidak memiliki tanda-tanda sarang atau makhluk lain yang membuat rumah mereka di sana.  

3.   Gunakan keterampilan geometri Anda.  Kebanyakan orang menemukan bahwa tempat tidur gantung yang terlalu datar atau terlalu bengkok tidak akan nyaman. Pengaturan yang ideal adalah memiliki sudut tali sekitar 30 derajat ke arah pohon. Titik rendah tempat tidur gantung tidak boleh lebih tinggi dari sekitar 18 inci dari tanah. 

Cara Mengatur Penampungan Hujan dan Serangga untuk Tempat Tidur Gantung Anda

Mengatur ridgeline: Sebuah ridgeline adalah garis yang berjalan di atas tempat tidur gantung untuk menangguhkan terpal. Tali juga dapat digunakan untuk menggantung barang-barang seperti saku organizer. Bawalah kabel yang lebih panjang dari tempat tidur gantung Anda, dan memiliki panjang tambahan yang cukup untuk mengamankan di sekitar kedua titik jangkar untuk tempat tidur gantung Anda. (Beberapa sistem tempat tidur gantung mungkin menyertakan ridgeline.) Pasang kabel di atas tempat tidur gantung Anda, menggunakan titik jangkar yang sama.

Ketinggian punggung bukit dapat bervariasi, meskipun lebih rendah lebih baik saat hujan yang didorong oleh angin memungkinkan. Dalam cuaca yang tenang, beberapa orang memilih untuk menempatkan punggung bukit yang cukup tinggi sehingga mereka dapat berdiri di bawah terpal hujan mereka. Untuk tips bermanfaat, lihat bagian penyiapan ridgeline dari Cara Mengatur Shelter Terpal Ultralight .

Amankan terpal hujan Anda: Detail bervariasi dengan model terpal tempat tidur gantung yang berbeda, tetapi proses dasarnya melibatkan menjaga ketegangan pada titik-titik di mana ia menyentuh punggung bukit, dan memasangnya di sepanjang terpal.

Lampirkan jaring bug Anda: Sekali lagi, detailnya akan bervariasi tergantung pada desain jaring bug Anda. Banyak versi menempel pada tali tempat tidur gantung Anda di salah satu ujungnya; kemudian Anda untuk sementara melepas hammock dan menggeser jaring ke atas hammock Anda. Setelah jaring diperpanjang sepenuhnya, kencangkan ke tali tempat tidur gantung di ujung lainnya. Langkah terakhir adalah menambahkan ridgeline lain melalui serangkaian loop di bagian atas jaring. Akses ke tempat tidur gantung biasanya melalui bukaan ritsleting di titik tengah jaring.

Tips Tidur Nyaman di Hammock

  1. Berbaring sedikit dari keteraturan. Jika tubuh Anda miring 10 hingga 15 derajat dari garis tengah, kain di bawah Anda akan sedikit mendatar dan Anda tidak akan merasa seperti tempat tidur gantung menelan Anda.
  2. Temukan bantal yang tepat: Banyak orang menemukan bahwa bibir tempat tidur gantung berfungsi sebagai sandaran kepala dengan ukuran yang sempurna. Jika itu tidak berhasil untuk Anda, bereksperimenlah dengan bantal kecil atau karung berisi barang-barang yang mungkin berisi jaket bengkak. Bantal besar cenderung tidak bekerja dengan baik untuk kebanyakan orang.
  3. Simpan barang-barang penting Anda: Anda dapat menempatkan karung barang kecil dengan kebutuhan malam hari di dalam tempat tidur gantung bersama Anda. Pilihan lain adalah meletakkan barang-barang di aksesori selempang roda gigi yang dipasang dalam jangkauan lengan di bawah tempat tidur gantung Anda (di dalam jaring serangga Anda). Perhatikan bahwa area di bawah tempat tidur gantung Anda juga berfungsi seperti ruang depan tenda, menawarkan penyimpanan tertutup tambahan untuk barang-barang yang lebih besar seperti sepatu bot atau ransel Anda.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.