Teknik dan Gerakan Panjat tebing [ Tips TERBARU ]

Teknik dan Gerakan Panjat tebing [ Tips TERBARU ]

Tidak ada komentar


Teknik dan Gerakan Panjat tebing [ Tips TERBARU ] : Pendaki yang hebat tidak memaksakan jalan mereka ke atas tembok, mereka "teknik" jalan mereka ke puncak menggunakan serangkaian gerakan yang dirancang untuk membantu mereka menyerang masalah tertentu. Jika Anda ingin menjadi pemanjat yang lebih baik, asah teknik dan gerakan Anda. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mendaki setiap kesempatan yang Anda dapatkan.

Meningkatkan teknik melibatkan prinsip-prinsip belajar gerakan dan keseimbangan. Kemudian Anda dapat berkonsentrasi untuk memahami nuansa gerakan individu.

Teknik Pendakian

Sulit untuk melebih-lebihkan pentingnya teknik yang baik. Saat Anda fokus pada teknik, gerakan mulai masuk ke tempatnya dan Anda menemukan diri Anda melayang di atas rute yang dulunya terlalu sulit. Bagian ini mencakup beberapa konsep kunci:

Cara menggunakan kaki Anda

Cara menjaga keseimbangan

Cara menjadi lebih efisien

Teknik Pendakian: Menggunakan Kaki Anda

Kaki adalah dasar dari pendakian. Banyak pemula mencoba menarik diri ke dinding dan cepat lelah. Pikirkan tentang menaiki tangga—Anda tidak menarik diri Anda ke atas, Anda melangkah, dan menggunakan lengan dan tangan Anda untuk keseimbangan. Begitu pula dalam mendaki.

Teknik dasar untuk menggunakan kaki Anda adalah merayap dan mengolesi:

  • Edging persis seperti apa bunyinya: Anda menginjak pegangan dengan karet di tepi sepatu Anda. Anda dapat menggunakan tepi bagian dalam, di mana jempol kaki Anda menawarkan stabilitas pada pegangan yang lebih kecil, atau Anda dapat menggunakan tepi luar. Pilihan Anda tergantung pada arah yang Anda butuhkan untuk bergerak untuk naik atau turun.
  • Smearing  terjadi ketika Anda tidak memiliki pijakan yang sebenarnya, jadi Anda mengandalkan karet sepatu Anda untuk gesekan dengan batu. Smearing berguna dalam panjat tebing, saat Anda berada di bebatuan sudut rendah tanpa banyak pijakan yang pasti.

Saat Anda mengolesi, cari lekukan kecil atau tonjolan yang akan memberikan sedikit gesekan ekstra. Anda juga dapat meratakan sudut untuk pembelian yang sedikit lebih baik.

Ingatlah taktik gerak kaki berikut saat mendaki:

  • Cobalah untuk menjaga kaki Anda tepat di bawah Anda.  Perhatikan pijakan di posisi yang baik, sehingga Anda dapat menjaga keseimbangan yang lebih baik.
  • Carilah penempatan kaki lebih dari sekadar pegangan tangan.
  • Setelah Anda menginjakkan kaki, tetap diam.  Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk tetap menunggu saat Anda melakukan langkah selanjutnya.
  • Jaga agar tumit Anda tetap rendah sehingga Anda memiliki banyak kontak dengan dinding. Dengan hak tinggi, lebih sedikit karet yang menempel di batu, mengurangi gesekan dan meningkatkan kemungkinan Anda akan mengungkit kaki Anda dari dinding saat melakukan gerakan berikutnya.

Teknik Panjat: Menjaga Keseimbangan

Ketika Anda cukup beruntung memiliki barisan kendi yang mengarah lurus ke atas dinding, memanjat cukup intuitif. Namun, ketika Anda berada di rute di mana Anda harus bergerak dan menarik ke arah yang berbeda, Anda harus menggunakan tubuh Anda untuk menjaga keseimbangan.

Saat Anda harus menggunakan pegangan yang keluar ke samping, Anda tidak bisa menarik lurus ke bawah. Jadi Anda perlu menemukan cara untuk melawan kekuatan tarikan samping itu, sehingga Anda tidak kehilangan keseimbangan dan pintu gudang dari dinding.

Taktik keseimbangan:

  • Tekan kaki Anda ke arah yang berlawanan dari tarikan untuk menciptakan tekanan balik.
  • Tarik ke arah yang berlawanan dengan tangan Anda yang lain atau kaki yang bengkok.
  • Bersandarlah dengan keras dan gunakan berat badan Anda sebagai penyeimbang.

Teknik Pendakian: Mendaki Secara Efisien

Pelajari cara menggunakan lebih sedikit energi dan cara mengistirahatkan otot saat mendaki:

  • Lengan lurus adalah lengan bahagia. Meluruskan lengan Anda memungkinkan kerangka Anda mengambil sebagian besar beban, bukan otot Anda. Bahkan sedikit menekuk siku Anda berarti otot Anda bekerja untuk menahannya di sana.
  • Fokus pada pinggul Anda . Pemula sering menjaga pinggul tetap lurus ke dinding, yang bisa terasa sangat stabil, tetapi itu mendorong berat badan Anda menjauh dari dinding dan menekan otot Anda.
  • Cobalah untuk tetap mendorong satu pinggul ke dinding. Itu membantu menjaga berat badan Anda di atas kaki Anda dan memungkinkan Anda bersandar dengan tangan lurus.
  • Memiliki pinggul yang dekat dengan dinding membuat bahu Anda lebih dekat. Berat badan Anda melebihi kaki Anda, mengurangi kemungkinan Anda terkelupas. Bahu yang dekat juga mengubah sudut tarikan pada pegangan tangan, membuatnya lebih mudah untuk digenggam.
  • Pendaki yang baik memanjat dengan mata mereka. Arahkan pandangan Anda ke dinding untuk mencari pegangan yang memungkinkan Anda beristirahat sebentar. Jangan hanya fokus pada tanda kapur.
  • Ketika Anda menemukan istirahat yang baik, gunakan itu. Biarkan denyut nadi Anda melambat dan goyangkan lengan Anda agar tidak terpompa nanti.

Gerakan Mendaki

Memiliki gudang gerakan pendakian yang baik membantu Anda memecahkan masalah dan mengatasi rute yang lebih menantang. Masing-masing gerakan ini menggunakan prinsip-prinsip yang tercakup dalam bagian teknik, di atas. 

Back Step

Back Step adalah kebalikan dari langkah biasa. Alih-alih menginjak pegangan dengan jempol kaki dan pinggul menempel ke dinding, Anda memutar pinggul ke samping dan melangkah dengan tepi luar (sisi jari kaki kecil) sepatu Anda.

Langkah mundur membantu pinggul Anda mendekati dinding, membuatnya lebih mudah untuk meluruskan lengan dan beristirahat. Itu juga dapat memberikan ekstensi yang cukup untuk mencapai penahanan yang sulit dipahami. Langkah mundur sangat berguna untuk menghemat energi pada rute yang curam dan menjorok.

Drop Knee

Drop Knee adalah langkah mundur yang lebih ekstrem. Ini bekerja paling baik ketika Anda memiliki pijakan di dekat tingkat pinggul. Langkah ke atasnya dengan ujung jari kaki Anda; kemudian gulung lutut Anda ke dalam sampai bagian luar sepatu Anda bertumpu pada pegangan dan lutut Anda benar-benar mengarah ke bawah.

Sama seperti langkah mundur, lutut jatuh membuat pinggul Anda dekat dengan dinding. Ini bagus untuk istirahat, tetapi sangat bagus ketika Anda membutuhkan jangkauan ekstra di dinding yang curam atau menjorok.

Stemming

Stemming mendorong terhadap dua permukaan yang berlawanan. Ini bisa di cerobong asap, di sudut, atau di dinding datar yang memiliki fitur besar dan menonjol.

Anda dapat membendung menggunakan kombinasi tangan dan kaki apa pun, tetapi kuncinya adalah menggunakan tekanan balik agar tetap seimbang. Stemming bergantung pada otot kaki besar Anda, jadi ini adalah cara yang sangat efisien untuk memanjat, dan dapat memberi Anda istirahat yang baik.

Flagging

Penandaan adalah counter balancing dengan menggunakan anggota badan untuk menggeser berat badan Anda. Tujuannya agar tidak berayun menjauh dari batu.

Penandaan menguntungkan setiap kali Anda menggunakan pegangan yang semuanya berada di sisi tubuh yang sama. Karena itu juga menumpuk semua berat badan Anda ke satu sisi, Anda cukup mengayunkan kaki itu ke sisi lain tubuh Anda untuk menjaga keseimbangan.

Lay-backing

Lay-backing adalah saat Anda menarik dan menyandarkan satu sisi serpihan atau retakan dan mendorong kaki Anda ke sisi lainnya. Ketika Anda memiliki pijakan yang baik, layback sangat efisien karena lengan Anda lurus dan kaki Anda melakukan kerja keras. Ketika pijakan yang kurang baik mengharuskan Anda untuk mengolesi, jaga agar tumit Anda tetap rendah untuk memaksimalkan jumlah karet yang menempel pada batu.

Anda dapat menggunakan lay-back setiap kali Anda berada dalam celah dan kemacetan bukanlah pilihan, atau Anda memiliki dinding yang berlawanan untuk didorong, seperti di celah dihedral.

Mantle

Mantle adalah saat Anda menekan pegangan dan mengangkat kaki untuk bertemu tangan. Contoh klasik mantel adalah di puncak pendakian saat Anda harus menarik diri ke langkan.

Untuk mantel, tekan pegangan untuk menaikkan berat badan Anda di atasnya, lalu gerakkan kaki Anda ke atas untuk menggantikan tangan Anda.

Mantel diperlukan saat Anda melakukan top out, tetapi juga berguna di tengah pendakian saat Anda memiliki pegangan yang besar dan Anda harus mengangkat kaki Anda tinggi-tinggi.

Undercling

Seperti namanya, undercling adalah saat Anda menggunakan bagian bawah hold. Menggunakan undercling mungkin terasa kontra-intuitif pada awalnya, karena alih-alih menarik pegangan, Anda menariknya ke atas.

Salah satu kunci untuk undercling yang baik adalah menemukan pijakan yang baik dan tinggi sehingga Anda dapat mempertahankan ketegangan tubuh dengan mendorong dengan kaki saat menarik pegangan. Menjaga kaki Anda tetap tinggi menempatkan pegangan di sekitar tingkat pinggang dan memungkinkan Anda menjaga lengan Anda lebih lurus.

Jika dilakukan dengan benar, undercling yang baik membuat Anda berada pada posisi yang kokoh untuk meraih ketinggian ekstra.

Side Pull

Side Pull adalah pegangan apa pun yang berorientasi untuk tarikan ke samping. Kunci dari tarikan samping yang dilakukan dengan baik adalah menyeimbangkan tarikan ke samping itu dengan menggeser berat badan Anda atau dengan menerapkan gaya balasan.

Seperti halnya undercling, tarikan samping bisa terasa canggung karena Anda harus menyesuaikan arah tarikan dengan orientasi pegangan. Tapi begitu perasaan itu berbunyi, tiba-tiba Anda bisa menggunakan pegangan di sekitar Anda, bukan hanya yang lurus di atas.

Gaston

Gaston adalah kebalikan dari tarikan samping. Pada tarikan samping, pegangan diorientasikan sehingga Anda menarik ke dalam, ke arah diri sendiri. Gaston juga berorientasi untuk gaya menyamping, tetapi alih-alih menarik, itu membutuhkan dorongan keluar.

Posisinya seperti jika Anda mencoba membuka pintu lift; siku Anda ditekuk dan mengarah ke samping dengan jari-jari Anda menunjuk ke arah Anda.

Gaston mungkin merasa tidak stabil karena semua kekuatan berasal dari bahu Anda. Tetapi menambahkan langkah ini ke repertoar Anda benar-benar membuka dinding.

Palming

Palming adalah versi tangan: Anda mendorong batu dengan telapak tangan terbuka.

Palming dapat membantu Anda menjaga keseimbangan saat Anda memposisikan ulang kaki Anda. Ini sangat berguna jika tidak ada pegangan yang baik tersedia. Palming juga berguna saat stemming karena memungkinkan Anda untuk menerapkan counter pressure pada blank face. Dan pada tanjakan slab, finger-down palming sangat membantu.

Keamanan adalah tanggung jawab Anda. Tidak ada artikel atau video yang dapat menggantikan instruksi dan pengalaman yang tepat. Pastikan Anda mempraktikkan teknik dan pedoman keselamatan yang tepat sebelum mendaki

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.